...

10 Motif Batik Populer Di Indonesia

www.busanansantaraa.tk-ada berbagai macam jenis barik yang tersebar di Indonesia .Batik seni lukis menggunakan kain bergambar yang memiliki pola cara pembuatan khusus dengan menuliskan atau menempelkan zat malam/lilin pada kain tersebut,yang di lanjutkan dengan pengolohan dengan cara tertentu yang khas.

Batik memiliki amat beragam dan biasanya bergantung dengan ciri khas atau keyakinan di tiap-tiap daerah.Total motif batik yang tercatat sudah lebih dari 30 jenis berbeda.namun,pada kali ini 10 motif batik yang populer di Indonesia

1. Motif Batik Sekar Jagad


Motif ini adalah salah satu motif yang khas di Indonesia.Batik jenis ini berasal dari Jawa.yang lebih tepatnya D.I Yogyakarta.Batik Jogja ini mempunyai makna segar jagad adalah keindahan atau kecantikan yang membuat orang yang melihatnya jadi tepersona.

Ada juga yang menafsirkan bahwa motif yang berbentuk seperti pulau pulau ini maksdunya adalah sesuai namanya.Yaitu sekar jagat.Dalam baha Jawa "Kar jagad"yang memiliki arti peta dunia.

2. Motif batik Sidomukti Mangetan


Motif Batik asal kabupaten Mangetan ini memiliki motif dasar bambu.Sebagaimana Batik yang lainya,biasa batik ini di pakai pada acara-acara resmi atau upacara adat.Makna dan filosopi dari batik sidomukti ini adalah harapan untuk mendapatkan ketenangan lahir dan batik.

3. Motif Batik Kraton


Pada awalnya,motif batik Kraton sangat eklusif.Rakyat biasa tidak boleh di perkenakan batik ini karena yang boleh memakai hanya sultan dan keluarganya saja.Namun belakangan,peraturan tersenut di cabut dan rakyat sudah boleh memakai batik moif ini.

Diantaran penyebab eklusifnya motif ini adalah karena penemunya adalah putri-putri kraton yogya sendiri natobane masih anggota keluarga sultan.Sebenarnya,sangatlah banyak model baju batik yang dimiliki oleh kraton yogya,namun yang di gambar ini adalah yang paling populer.

4. Motif Batik Jepara


Motif batik Jepara bisa di bedakan menjadi dua jenis,yaitu motif lama dan motif baru.Motif batik jepara lama memiliki bola dengan berwarna lung hitam,gajah coklat,flora dan fauna daun ulir hijau dan lainya.Sedangkan batik baru jpara adalah batik tulis yang banyak variasinya.Batik jepara sendiri juga terkenal dengan sambutan batik Kartini.

5. Motif Batik Solo


khas batik dari Solo yang sering di sebut batik sogan adalah warna motifnya yang berwarna kecoklatan.Batik Solo juga masih menerapkan konsep tradisional dengan hanya memakai bahan-bahan alami sebagai pewarnanya.Filosofi motif batik Solo adalah gelombang-gelombang sungai begawan Solo yang membawa ketenangan.

6. Motif Batik Kawung


Motif batik Kawung ini mungkin sangat di kenal oleh kakek-kakek kita sejak dulu.Hal ini di sebabkan karena motif ini adalah motif tertua di Indonesia.Dajulu motif ini hanya boleh dipakai oleh orang-orang kerajaan sebagai kain sarung raja maupun permisurinya.Motif kawung ini merupakan gambaran dari buah kawung atau buah aren.

7. Motif Batik Tasikmalaya

Batik memang bukan berasal daerah jawa saja,berbagai macam motif batik kini sudah bekembangdi tanah Sunda.Sebagai mana setiap daerah memiliki ciri khsa dan filosofi tersendiri.Batik-batik yang berasal dari tasik malaya ini umumnya berbentuk rerumputanfauna dan hala-hal yang berkaitan dengan alam.Sedangkan pewarnanya,kebayakan berwarna biru,merah padam dan coklat.

8. Motif Batik Malang

Batik Malang terkenal dengan motif batiknya yang cenderung cerah.seperti memiliki warna dasar biru kemudian ditimpa dengan warna putih,kemudian bahan berwarna putih ditimpa dengan berwarna merah.Rata-rata batik Malnagan ini berpola tanaman atau simbol-simbol kota Malang seperti candi-candi yang ada didalamnya

9. Motif Batik Pekalongan


Kebanyakan Motif dari Pekalaongan di pengaruhi oleh kebudayaan-kebudayaan luar yang datng karena foktor pedangan.hal ini disebabkan karena letak kota Pekalongan sangat strategis sekali untuk lokasi perdagangan di sebabkan mudah dari segala penjuru.

10. Motif Bating Menga Mendung

Motif batik Mega Mendung berasal dari Cirebon ini memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat motif.Diantara motif yang populer menjadi ciri khas kota Cirebon adalh batik Mendung.Batik Mega Mendung di isi dengan pola pola berbentuk awan yang diberi warna yang gelap seperti biru tua,merah tua dan sebagainya

Terimakasih telah mengunjugi blog ini semoga bermanfat untuk anda,mohon maaf bila ada kealahan artikel dan jangan lupa share yah

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Motif Batik Populer Di Indonesia "

Post a Comment