...

Asal-Usul Batik Surabaya

www.busananusantaraa.tk-Batik Surabaya berebeda dengan batik lainya,dimana batik surayaba sulit di telusuri sejarah perkembanganya,hal itu disebabkan karena surabaya dulunya merupan daerah transit perdangangan.Tapi pada umumnya batik Surabaya tidak mempunyai perbedaan pada batik lainya.

Namun apabila anda mengamati lebih dalam lebih dalam mengenai batik Surabaya,makanya akan terdapat perbedaan yaitu konsep warna batik Surabaya lebih kuat dan berani seperti gambaran orang Surabaya berani dan kuat.Batik Suraba memiliki motif kembang semanggi,perahu khsa surabaya,ayam jago dan lengenda suwugalingseta ikan sura dan buaya.


   Asal-Usul Batik khas Surabaya

   1.Batik semanggi
Semanggi merupakan makana khas Surabaya yang keberadaan nyah kini mulai punah,namun semanggi pun punya batik yang begitu bagus.Batik Semanggi berwarna hijau cerah yang bagus untuk di kombinasikan pada warna cerah lain nya seperti merah,biru,dan hitam.
.

    2.Batik Ujung Galuh
yang proses pembuatan nya di ambil cerita Ujung Galuh.Menceritakan,Raden Wijaya,sebagai orang yang mendirikan kerajaan majapahit berperang dengan tentara tar-tar di sungai kalimas yang tempatnya di Ujung Galuh.Ujung Galuh berdirinya cikal bakal surabaya.


    3.Batik suwunggaling
Motif ini berasal dari kisah Joko Berek yang suka adu ayam.Joko Berek sendiri yang bernama Suwungggaling.

    4.Batik SeRU ( Seni batik mangrove rungkut )
batik ini khas dari kota pahlawan yang cukup di kenal ( mangrove ) atau disebut batik "SeRU".Batik mangrove yang sudah di pamerkan antara lain motif aegieeras comiculatum,a. floridium,avienia alba.DLL.

   

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Asal-Usul Batik Surabaya"

Post a Comment