...

Jenis Kebaya di Indonesia

www.busananusantaraa.tk-Indonesia memiliki banyak sekali warisan dalam hal kesenian dan kebudayaan salah satu nya adalah kebaya.Seiring kemajuan jaman,kebaya saat ini merupakan pilihan yang banyak dikenakan dalam acara  wisuda,pengatin dan lainya.Bahkan,citra bahwa kebaya adalah busana tradisional jawa semakin tipis,karena banyak daerah di Indonesia menggunakan busana ini.Jadi,layak jika di jadikan busana tradisional

Kebaya sendiri menunjukan krakter Indonesia yang selalu mengedepankan kesopanan berpakain baik acara formal ataupun informal.Dengan jahitan mengikuti lekuk tubuh memberikan sebuah pemandangan tentang sifat anggun serata feminim seorang wanita sebagi pemakai pakain ini.Belum, lagi banyaknya kreatifitas dari para desainer terkenal negeri ini seaakan tak pernah habis untuk menciptakan kreasi baru menjadi kebaya modern.

Namun,saat ini belum menyadari bahwa jenis kebaya ada berbagai macam,diantaranya adalah kebaya jawa, kebaya kartini,kebaya bali dan kebaya encim.

    Jenis Kebaya di Di Indoneisa

    1. Kebaya Jawa

Jenis kebaya ini mempunyai bentuk simple dengan ptongan leher V.Motif nya biasa sehingga memiliki kesan sederhana.Biasanya kebaya Jawa terbuat dari kain transparan yang di padu-padukan dengan pakai dalam atas.


     2.Kebaya Kartini

Model kebaya ini pada dulunya di pakai oleh perempuaan ningrat saat era R.A Kartini.Jadi,kebaya kebaya jawa ini indentik dengan sebutan kebaya Kartini.Potonagan dari jenis kebaya ini mirip dengan kebaya encim,yang membedakan adalah lipatan bagian dada.Ciri lain dari kebaya Jawa adalah panjang kebaya yang menutup panggul ,dan lipatan kerah dengan bentuk garis vertikal,yang mebuat kesan penampilanya tingi dan ramping.


    3.Kebaya Encim

Kebaya Encim merupaka perpaduan antara baju shangai khas China dan Kebaya khas Melayu.Kebaya Encim umumnya dibuat dari organdi atau katun.Yang membedakan kebaya ini dengan jenis yang lainya adalah,model kerah V dengan bordiran sepanjang kerah sampai bawah.


   4.Kebaya Bali

Kebaya Bali memiliki tambahan bentuk detail pada tambahan obi yang melilit pada bagian pinggang.Biasanya bahan kebaya bali terbuat dari brokat dan kain katun.Tambahan obi ada yang bisa langsungdipangkan pada kebaya atau di tambahkan kain yang terpisah dari kebaya.


Dari berbagai jenis kebaya tersebut memiliki kelebihan masing-masing,tinggal kita yang harus menyesuaikan kapan dimana memakai jenis-jenis kebaya tersebut

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Jenis Kebaya di Indonesia"